Makna Dari Logo

Arti dan Makna Logo Volkswagen

vw

Volkswagen (VW) adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang sudah berdiri sejak 28 Mei 1937 di Wolfsburg, Jerman. Mulai tahun 1948, Volkswagen menjadi elemen yang sangat penting, baik secara simbol maupun ekonomi, bagi regenerasi Jerman Barat. Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (artinya : Kecintaan kepada Mobil). Logo yang dimiliki Volkswagen ini adalah hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspies.

volkswagen-vw-beetle-nikolai-borg-swastika2

Di dalam logo Volkswagen terdapat perpaduan antara huruf V dan W. V ini adalah inisial dari Volks yang artinya orang-orang atau lebih tepatnya rakyat. Sementara W ini adalah inisal dari Wagen yang artinya kereta atau dalam hal ini adalah mobil. Sehingga Volkwagen (VW) ini artinya  mobil rakyat. Ada makna kenapa dinamakan mobil rakyat. Ini merupakan ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat.

1

 Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Dr. Ferdinand Porsche. Pada saat itu Porsche sudah menjadi desainer Mercedes 170H dan juga pernah bekerja pada Steyr untuk beberapa saat akhir 1920an. Porsche membuka studio desain pertamanya dan kemudian membuat proyek“Auto für Jedermann” (mobil untuk semua) dengan NSU dan Zündapp, keduanya merupakan pabrikan motor. 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler.

2

Prototipe mobil tersebut muncul tahun 1936 dengan nama “ KdF-Wagen “ yang dibuat di Stuttgart.

Menurut saya, logo ini merupakan logo yang sederhana tetapi di dalamnya terdapat makna tersendiri yang sangat mendalam dan bisa dikatakan mobil ini adalah mobil yang bersejarah. Walaupun logo ini sederhana tetapi logo ini mudah diingat orang-orang dan logo ini tetap konsisten sampai sekarang dari awal pembuatannya.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Volkswagen

http://garasivolkswagen.blogspot.co.id/2012/10/blog-post.html

http://ariefabian.blogspot.co.id/2011/09/makna-dari-logo-vw.html

 

Desain Logo

19985155_1004370059666331_4461203399601291264_a

Discus Ryby adalah sebuah nama toko online ikan hias discus yang berdiri pada tahun 2016. Discus ini adalah nama sebuah ikan hias air tawar, sementara ryby yang dibaca “rebe” ini diambil dari Bahasa Polandia yang artinya adalah ikan. Jadi discus ryby ini artinya ikan discus. Logo ini dibuat dengan menggunakan aplikasi berbasis android yang bernama Logo Maker Plus. Logo ini berbentuk sebuah kotak yang di dalamnya terdapat suatu simbol lingkaran. Simbol lingkaran disini adalah sebuah harapan bahwa usaha ini nantinya akan terus selalu berjalan dari hari ke hari. Selain itu terdapat kalimat discus_ryby, dimana penggunaan huruf D diawal menggunakan sebuah gambar ikan yang menandakan bahwa logo ini bergerak dibidang perikanan. Pemilihan warna hijau dan warna tosca ini dikarenakan kedua warna ini identik dengan warna alam dan warna air laut. Dalam kelompok warna, warna hijau dikelompokan ke dalam warna yang dingin. Warna dingin juga bisa membuat objek terlihat terang dan segar.

facebook-770688_640 discus_ryby

screen shot 2016-05-12 at 9.48.12 amdiscus_ryby

 

Leave a comment